Tingkat Kesulitan Dalam Rafting (Arung Jeram)


Rafting Murah, Rafting Citarik, Rafting Cicatih, Rafting Cisadane

Rafting Murah, Rafting Citarik, Rafting Cicatih, Rafting Cisadane

Rafting (Arung Jeram) merupakan kegiatan olahraga yang beresiko, dalam dunia rafting terdapat kesulitan yang berbeda-beda mulai dari level 1 hingga level 6. Inilah yang harus Anda pahami sebelum mengarungi sungai dengan perahu karet. Apa saja tingkat kesulitan tersebut?

Setiap sungai pastinya memiliki alur dan medan yang berbeda karena dari tempatnya saja sudah berbeda. Maka dari itu arus dan jeramnya juga pasti berbeda.

Pada kebiasaannya Rafter melakukan arung jeram di tingkat 1 sampai 3. Tingkatan tersebut arus dan jeramnya tidak beitu sulit dan sangat cocok bagi pemula. Hanya saja tingkat 3 sudah banyak arus dan bebatuan serta jeram yang membuat kita harus menjaga kesimbangan dalam pengarungan.

Tingkat 1 itu dari jarak berapa meter sampai jarak beberapa ratus meter, kemudian grade 2 itu beberapa ratus meter lagi di depannya.

Tingkat 1 itu hanya flat saja, dan tingkat 2 sungai sudah beriak tapi belum banyak bebatuan besar, kemudian tingkat 3 sungai sudah beriak, berarus dan banyak bebatuan besar yang membuat kita harus manuver.

Untuk tingkat 4, kesulitannya lebih menantang lagi, ditingkat inilah jeram sungai sudah memiliki spesifikasi yang berbeda-beda dan terdapat bentukan sungai hidrolik yang membuat arus menjadi semakin besar dan kencang. Anda harus sangat berhati-hati jika sedang mengarungi sungai yang sudah memiliki tingkat 4 seperti ini.

Hidrolik merupakan jenis jeram yang disebut hole. Arus airnya jatuh dengan volume besar dengan kecepatan besar dan ditampung didalam hole tersebut sehingga air tak mengalir kebawah tetapi berputar, jika perahu Anda terjebak dengan keadaan seperti ini pasti perahu Anda akan tertahan dan Anda diharuskan mendayung dengan kuat dan cepat.

Tingkat 5 hanya untuk yang sudah professional dan atlet rafting yang bisa melalui tingkatan tersebut. Bagi yang masih pemula sangat tidak diizinkan untuk rafting disungai dengan tingkat 5.

Bagaimana dengan tingkat 6 sendiri? Tingkat 6 tentunya sudah sangat lebih mengerikan dibandingkan dengan tingkat 1 sampai tingkat 5. Maka dari itu tingkat 6 sudah idak bisa dilalui untuk kegiatan rafting (arng jeram)

Pastinya para operator tour masing-masing memiliki standar dan penilaian tersendiri terhadap tingkatan-tingkatan kesulitan tersebut. Tetapi para peserta rafting juga harus mengetahui kondisi diri untuk siap memilih tingkatan yang akan dilalui.