Sembilan Manfaat Arung Jeram / Rafting untuk Kesehatan Tubuh dan Mental


RAFTING CITARIK CICATIH CITATIH CISADANE SUKABUMI BOGOR 30Apa anda pernah Arung Jeram (Rafting)?
Arung Jeram merupakan salah satu olahraga air yang termasuk dalam kategori olahraga ekstrim (high impact). Meski arung jeram termasuk dalam kategori demikian, kegiatan ini tetap dapat dilakukan oleh semua orang, termasuk orang yang belum pernah memiliki pengalaman sekalipun. Media olahraga arung jeram adalah sungai yang memiliki debit air khusus dengan gelombang dan halangan tertentu.

Berdasarkan dari penjelasan di atas, Indonesia memiliki beberapa kota yang cocok untuk dijadikan tempat arung jeram terbaik seperti Batu, Malang, Jawa Barat, Magelang dan beberapa kota lain. Saat musim liburan, berbagai fasilitas arung jeram akan ramai dikunjungi oleh wisatawan berbagai daerah bahkan mancanegara. Banyak orang yang ingin melakukan arung jeram, namun masih ragu dengan manfaat dan resiko yang bisa dihadapi saat arung jeram.

Berikut merupakan beberapa manfaat arung jeram bagi kesehatan tubuh dan mental:

  1. Melatih Kekuatan Otot Tubuh
    Peserta arung jeram memang terlihat hanya duduk di perahu dan bergerak sesuai dengan gelombang air yang mengarahkan perahu. Namun, olahraga arung jeram ini membuat tubuh menjadi terlatih. Hal ini disebabkan karena saat perahu bergerak, maka badan dituntut untuk menjaga keseimbangan agar tidak jatuh. Selain itu saat air tidak banyak menggerakkan perahu, maka perahu harus digerakkan dengan tenaga dayung dari semua peserta dalam perahu.
  2. Memperkuat Otot Jantung
    Dalam pengarungannya, arung jeram membutuhkan tenaga ekstra untuk tubuh. Berbagai jenis gerakan seperti gerakan dayung akan memperkuat otot lengan dan dada. Namun dalam kegiatan ketika arung jeram ini, biasanya ada rasa takut dan khawatir. Perasaan ini akan membuat jantung bekerja lebih cepat. Bagi orang yang memiliki ketakutan maka akan membuat jantung terpacu. Kekuatan otot tubuh akan mengalirkan oksigen ke pembuluh darah dan jantung akan memompa dengan lebih cepat. Hal inilah yang membuat arung jeram sangat baik untuk melatih kekuatan otot jantung.
  3. Membersihkan Paru-paru
    Lingkungan alam sebagai tempat untuk melakukan arung jeram, biasanya masih sangat asri karena masih dialiri sungai yang deras. Jika mungkin terbiasa dengan menghirup udara perkotaan dengan polusi tinggi yang kurang akan manfaat penghijauan, maka paru-paru kemungkinan juga kurang bersih. Menghirup udara segar di tempat wisata olahraga arung jeram seperti sungai yang dikelilingi oleh bukit, pegunungan, sawah dan tebing akan membuat paru-paru menghirup udara yang masih bersih. Arung jeram akan membuat kondisi kesehatan tubuh menjadi lebih stabil, bahkan untuk bagian organ dalam seperti paru-paru.
  4. Pembakaran Kalori Tubuh
    Anda sedang diet untuk menurunkan berat badan? Sesekali cobalah manfaat olahraga arung jeram, ketika jenuh dengan program diet dijalani. Dalam gerakan arung jeram, posisi tubuh dituntut untuk melakukan berbagai jenis gerakan. Gerakan mendayung diperlukan saat perahu berada di debit air yang stabil, sementara perahu membutuhkan gerakan kuat untuk mempertahankan perahu saat berada dalam debit air yang kencang. Jika berbagai jenis gerakan dalam arung jeram dilakukan secara terus menerus maka tanpa disadari metabolisme tubuh untuk pembakaran kalori menjadi lebih cepat. Hal ini akan membantu program diet yang sedang dijalani.
  5. Merelaksasi Pikiran
    Arung jeram menjadi olahraga air yang sangat menyenangkan. Berbagai jenis tempat arung jeram biasanya memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Suara arus dan ombak air sungai dengan ketinggian khusus akan membuat pikiran menjadi lebih segar. Arung jeram akan membuat pikiran semua orang menjadi lebih tenang sehingga semua beban pikiran dan tekanan pekerjaan bisa keluar.
  6. Menghilangkan Stres
    Aktivitas sehari-hari yang menjadi tekanan pekerjaan dan kehidupan kota adalah potensi penyebab stres yang paling tinggi. Rasa stres bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Untuk menghilangkan rasa stres, cobalah untuk melakukan yang disukai seperti manfaat bermain gitar. Arung jeram juga bisa menjadi pilihan yang meyenangkan, terlebih lagi pemandangan alam yang disuguhkan pasti menyejukkan. Aktifitas di bawah sinar matahari akan mendatangkan kebahagiaan. Bersenang-senang dengan alam seperti melakukan arung jeram, akan membuat perasaan dan mental menjadi lebih baik.
  7. Melawan Rasa Takut
    Banyak orang yang memiliki rasa takut berlebihan atau phobia. Takut dengan air menjadi hal yang sangat tidak nyaman untuk beberapa orang. Arung jeram menjadi salah satu media latihan yang sangat baik untuk mengendalikan rasa takut dan rasa khawatir pada orang yang menderita phobia air. Saat melakukan kegiatan arung jeram ini, maka seorang pemula harus didampingi instruktur untuk mengajarkan teknik untuk melawan rasa takut. Kepuasan saat sampai di garis finish, akan membuat rasa takut mudah untuk dilawan. Dengan cara ini maka seseorang bisa memiliki pengalaman yang sangat besar untuk melawan rasa takut.
  8. Melatih Emosi
    Melawan arus air membutuhkan elemen tubuh dari berbagai bagian. Tubuh kuat dan otot yang sehat akan digerakkan selama melakukan olahraga arung jeram. Selain itu, beberapa orang yang berada dalam satu perahu arung jeram memiliki tugas yang berbeda. Ikatan emosi yang paling penting saat melawan arus saat berada dalam lintasan yang sulit, akan memancing emosi semua peserta. Manfaat olahraga arung jeram akan membuat ikatan emosi antara peserta dan emosi pribadi menjadi lebih stabil. Karena hal ini akan melatih diri, untuk mengambil sikap dalam kondisi yang paling berbahaya pada sebuah tim.
  9. Memperkuat Persahabatan
    Ikatan persahabatan mampu membuat seseorang memiliki kondisi jiwa yang lebih baik. Hal ini mendorong seseorang untuk memiliki tingkah laku yang lebih baik dan jiwa sosial yang tinggi. Saat melakukan arung jeram dalam satu kelompok sahabat atau orang yang baru kenal, maka intensitas kerjasama saat melakukan arung jeram akan membuat hubungan soaial menjadi lebih erat.

Melakukan arung jeram memiliki potesin yang sangat hebat untuk kondisi tubuh dan mental. Arung jeram akan mendekatkan manusia kepada alam sehingga manusia juga lebih bisa menghargai alam. Jadi, apakah Anda masih ragu untuk mencoba arung jeram?

Proses arung jeram yang dilakukan sesuai dengan prosedur tidak akan menimbulkan bahaya. Banyak orang yang melihat bahwa arung jeram adalah olahraga yang berbahaya. Jika dilihat secara keseluruhan maka olahraga arung jeram tidak selalu menimbulkan potensi bahaya.

Jadi, jangan lupa untuk terus memperhatikan keselamatan selama arung jeram.